30 November 2010

7 Sadar Ngejiplak!


Ada apa ya dengan film Indonesia saat ini. Kok kayaknya kekurangan ide gitu. Nggak usa jauh-jauh deh. Lihat ajah poster film yang ngejiplak film luar. Eh, sekarang malah ngejiplak ceritanya. Yaowo, malesin banget sih? Contohnya film SMS (suka ma suka) dan Cinlok garapan rumah produksi MD Pictures yang ngejiplak film Dostana dan Jhoom Barabar Jhoom.


Kalo sinetron sih masih wajar ya, guys. Tapi kalo udah diangkat ke layer lebar, nah, ini baru masalah besar. Film layar lebar gitu. Malu-maluin banget! Mending kalo MD Pictures berani bilang terus terang kalo film itu ‘based on’ ato ‘inspired by’. Kan sekalian aman-aman ajah. Tapi ini udah jiplak, gak tau diri lagi sampe diulang dua kali dua tahun berturut.

Mungkin karena faktor yang punya rumah produksi orang India kali ya. Haduh males banget. Kalo mau bikin film menye-menye ala Bollywood, balik ajah ke Negara lo sana Pak Dhamoo en Manoj Punjabi. Malu-maluin muka perfilman Indonesia ajah.

And you know what, setali tiga uang dengan keturunan India tak kreatif lainnya, K2K yang getol memproduksi film semi bokep dengan judul gag bermaksud is like Mas Suka Mas Ukin Aja (kepala lo tuh yang dimasukin!), Genderuwo, Anda Puas Saya Loyo, Skandal Cinta Babi Ngepet (ngepet lo emang!) dan lain lain, juga tanpa sengaja menjiplak film Dostana menjadi Pijat Atas Tekan Bawah. Dan yang bikin heboh, jadwal tayang film ini di bioskop-bioskop Indonesia hampir bersamaan dengan Film Suka Ma Suka. Gile gak tuh? Kan ceritanya tuh benar-benar sama. Kenapa gag ada yang sadar ya? Hellow, what the fuck with it!

Udah deh orang-orang India yang emang gue akui lo berjaya disini, stop bikin malu Indonesia. Udah sinetron, eh sekarang lari ke film. Plis deh, kreatif dikit dong. Hasil jiplakan lo tuh sama sekali nggak keren. Dibawah standar malah! Kalo nggak ada artis-artis di Indonesia yang mau join sama lo, mungkin udah kere dan balik lo ma keluarga lo ke negara asal lo sana!

Tuh, kan jadi emosi deh gue. Malah kalo diperhatiin postingan gue kali ini rasis bener. So what, ah! Biar orang-orang itu tau. Indonesia udah bosen dengan bentuk pembodohan seperti ini. Kenapa sih nggak kayak Thailand, Jepang ato Korea ajah yang industri perfilman nya diakui di dunia. Karena mereka nyemplung ke dunia ini dengan serius. Dan hasilnya memuaskan.sampe ada yang di bikinin Hollywood version. Kapan Indonesia bisa kayak gini? Masih mau bikin film-film sampah lagi? Masih mau bikin poster-poster ngehe lagi. Sumpah ya, kalian tuh sama sekali bukan sineas kalo gini caranya. Apa nggak malu FFI (tahun berapa itu gue lupa ^^) diboikot gara-gara yang meraih piala citra soundtracknya jiplak film Korea?

Gue emang cuman jago bacot disini. Tapi kalo gue punya apa yang kalian punya, gue gak bakalan bikin hal tai kayak yang lo bikin semua. Gue salut sama sutradara kayak Mira Lesmana, Riri Riza, Hanung Bramantyo yang bikin film secara serius. Bukan asal jadi kayak K2K, alter ego dari Nayato (Ian Jacobs, Koya Pagayo, dll) yang berasa sok penting banget buat misterius misteriusan dan kayaknya ngejar kuantitas bukan kualitas di setiap film-filmnya. Bahkan sok-sokan megecap dirinya sebagai Wong Kar Wai-nya Indonesia. Jiah! Ngaca dong! Asal nguntungin, kalian bakalan terus bikin film seperti itu. Dasar asu!

Okay then, gue males cing cong. Bikin gue naik darah nih. Pokoknya gue tunggu karya kalian selanjutnya; bukan film jiplakan ato film yang pake posetr jiplakan. Dan tentu aja film yang berbobot. Bukan film sampah! Dan semoga ekspektasi gue akan kecerahan masa depan perfilman Indonesia bisa kesampaian. Let’s pray guys!

7 komentar :

  1. Udah bosen ya kaayknya kita mbahas film ma poster jiplak an tapi kok ya masih ada dan banyak lagi yang serba jiplakan, emang dikiranya kita gak tau apa. emng gak kreatif sama sekali..........(heny)

    BalasHapus
  2. kalo film2 nya ALENIA pictures gimana bro??

    BalasHapus
  3. film alenia belum pernah nonton karena tone nya kayak gitu mulu. cuman denias dan lumayan bagus. mungkin nanti film terbarunya bakalan gue review

    BalasHapus
  4. emang bener kata loe bro gw dukung abis, emang bener nih rumah produksi yang ada di indonesia berusaha untuk menghancurkan bangsa ini secara perlahan.
    menebarkan benih pornografi, liberasi, kebebasan sex, gaya hidup yang gak wajar dan berlebihan, kisah yang ngawur dan masih banyak lagi deh... klo pun ada yang bagusnya itu juga dapet dari hasil plagiat. parah tuh Punjabi dan komplotannya...
    maaf gw gak bermaksud rasis tapi mereka itu bener-bener gak punya otak, mementingkan isi perut dari pada moral seluruh umat manusia...

    BalasHapus
  5. rasis lu bro, film india gak semuanya menye-menye kayak yang lu kira.. kenapa rumah produksi masih menjual film seks-horror-komedi di indonesia? itu juga karena masyarakatnya yang demen nonton film murahan, tunggu puluhan tahun ke depan pas indonesia udah jadi negara maju dengan bangsa yang intelek, mungkin trendnya udah luntur dengan sendirinya.

    BalasHapus
  6. .haanjrit indonesia ga kreatif banget si ..kecewa gua ...dostana fil favorit gua tuh ...gua aja baru atu kalo ada film suka sama suka ...ihh mirip banget lagi ceritanya gilaa !!!

    BalasHapus
  7. its fine. Yang penting filmnya menarik tapi pembawaannya berbeda gak jadi masalah kan. Yang buat itu sutradara hebat. Dia gak main2 lho buat filmnya.
    Kita juga gak tau kan, apakah manoj punjabi itu sempat bayar royalti ke film india kalo memang dia pure menjiplak. Selama tidak ada konfirmasi jangan asal ngomong deh!!!cukup nikmatin aja karya mereka :)
    film sms gokil bgt :)
    *hery..

    BalasHapus