19 Mei 2011

4 Batas [2011]


"Hidup bukan antara keinginan dan kenyataan. Tapi keinginan untuk menghadapi kenyataan..."

Bercerita tentang Jaleswari (Marcella Zalianty), seorang janda yang ditugaskan oleh perusahaan di Jakarta, tempat dimana dia bekerja, untuk menyelidiki kinerja program CSR bidang pendidikan di pedalaman Kalimantan yang putus tanpa kejelasan. Meski awalnya ragu mengingat dia tengah berbadan dua, Jales mencoba mengikuti kata hati dan mengambil tanggung jawab yang diberikan.

Saat sampai ditempat tujuan, setelah melalui medan yang berat, Jales bertemu dengan orang-orang yang akan membantunya beradaptasi dan mencari titik terang akar permasalahan yang dihadapi perusahaan. Seperti seorang guru muda bernama Amadeus (Marcell Domits) dan penjaga pos perbatasan antara Malaysia dan Indonesia bernama Arif (Arifin Putra). Dari Amadeus lah, Jales berkenalan dengan Panglima Adayak (Piet Pagau) dan menumpang tinggal dengan Nawara, istri Panglima, yang memiiki cucu bernama Borneo (Alifyandra). Dirumah Nawara, Jales juga bertemu dengan sosok gadis yang menjadi korban perkosaan di area perbatasan bernama Ubuh (Ardina Rasti). Ubuh sendiri tengah mengalami trauma psikis dan batin akibat kejadian yang menimpanya.

Lalu ada pula sosok Otig (Otig Pakis) dimana tindak tanduknya cukup mencurigakan sebagai tertuduh penyebab segala kejadian yang telah membawa Jales sampai harus berjuang sendiri masuk ke pedalaman. Dimana pola hidup masyarakatnya masih berpegang teguh pada adat istiadat setempat. Sanggupkah Jales bertahan dan menyelesaikan tugasnya?

Film yang naskahnya ditulis oleh Slamet Rahardjo berdasar ide dari Marcella Zalianty, pemain sekaligus produser filmnya ini, disutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Heaven yeah, ini merupakan comeback dari Rudi pasca hiatus setelah menyutradarai film Hantu Rumah Ampera yang rilis tahun 2009 lalu. Dan setelah melihat hasil akhir filmnya, gue cukup terpesona dengan apa yang ditawarkan Rudi kali ini. Bukan film yang memakai sistem syuting 7 hari, tapi film yang dibuat dengan matang meski gue masih bingung sama karakter sutradara satu ini yang selalu berubah-rubah.

Dari segi departemen akting gue beri standing applause untuk kalian semua, bintang-bintang tua dan muda bersatu, saling menyajikan akting terbaiknya masing-masing karena terlihat dari penjiwaanya karakternya yang kuat banget. Terutama Rasti yang sukses membuat gue makin ngefans sama nih cewek setelah tergila-gila dengan akting bitchy dia di film Virgin. Serta kehadiran bintang-bintang baru seperti Marcell Domits dan Alifyandra ternyata mampu memberi highlite tersendiri.

Sayangnya, hal-hal baik diatas mesti diganggu dengan penceritaan film Batas yang terbilang lambat. Bahkan disaat-saat tertentu melemah dan tak tahu akan mengarah kemana. Ritme naik turun nggak jelas. Seperti kebingungan karakter Jales dalam mencari sumber masalah, disitu juga gue ikut kebingungan untuk menempatkan diri dan menikmati filmnya. Saat seharusnya pace film enak untuk diikuti, cerita malah berubah datar hingga kemudian kembali naik disaat gue sudah terlalu lelah menanti scene yang juntrungannya berakhir anti klimaks. Jadi jangan salahkan kalo akhirnya gue ngantuk :)

Gangguan kedua terjadi dengan penggunaan handheld yang membuat gue pusing setengah mati karena terlihat terlalu kasar. Mungkin karena medan saat syuting terlihat begitu berat. Jadi gue maklum jika akhirnya mesti diminimalisir dengan penggunaan kamera ini.

Dan guepun bertanya-tanya tentang arti judul Batas. Awalnya gue mengira ceritanya hanya berpusat tentang konflik dua belah pihak antara Indonesia dan Malaysia, yang mana memang sempat disinggung namun tak ubahnya hanya sekedar tempelan. ternyata Batas disini memiliki arti yang lebih universal. Yang mungkin akan kalian temui dikehidupan nyata. Tentang batas tanggang rasa, batas memiliki kemerdekaan dan batas-batas lain yang harusnya dimengerti dan digunakan sebagaimana mestinya.

At least, meski masih memiliki beberapa kekurangan, Batas tetaplah film indonesia yang layak tonton. Dan kalian harusnya bangga memiliki film 'berani mati' seperti ini. Bukan film yang muncul demi mengeruk keuntungan seperti yang sudah berkali-kali gue bahas sebelumnya.

Well, Batas mungkin bisa jadi nominasi kuat di ajang Festival Film Indonesia 2011 nanti. Atau akan lebih banyak berbicara di luar negeri jika penonton Indonesia tak mampu menghargai film yang dibuat dengan semangat film. Mari teman, lewati batasmu!

rating 5.5/10

http://www.smileycodes.info

4 komentar :

  1. Uhhh. sayang banget film ini.

    Secara teknologinya, saya suka. film kedua terbaik dari segi audio, visualnya setelah ?. sayangnya, diganggu sama ketidakjelasan film ini.

    btw, mampir ahhh! dah lama gak mampir. :)

    BalasHapus
  2. iya, ceritanya itu lho yang bikin gemes.. padahal semua unsur uda ngedongkrak supaya jadi film yang sempurna..

    at least, thanks buat revisi quotenya. lupa nyatet pas nonton. twitter gabisa dibuka, jadi gabisa nyampah hehe

    BalasHapus
  3. bee,ternyata film pocong goyang pinggulposternya niru2 juga :D
    http://sebuah-dongeng.blogspot.com/2011/05/drive-angry.html

    BalasHapus
  4. makasih buat infonya, tapi udah terlalu out of date, jadi males ngebahasnya, apalagi filmnya juga yah... gitu deh. males ngejelasin hehe

    BalasHapus