29 November 2010

3 Red Cobex [2010]

rating 5/10

di salah satu infotainment yang nggak sengaja gue lihat, film ini diberitain heboh banget. Sampe siapa ya, pokoknya menteri gitu, nonton filmnya. en yang gue inget banget adalah komentar yang dia ucapin setelah nonton film ini: “mata gue berkaca-kaca pas ngelihat mama ana ngelepas yopi setelah melamar astuti. Harusnya sih, sampe situ aja udah mantap. Tapi gataunya, masih berlanjut dengan adegan fighting. Jadinya berasa ada yang kurang.”

anyway, komen diatas udah gue translate karena rada-rada lupa sama apa yang diomongin. But, intinya tetep kayak gitu. Dan gue setuju., karena gue juga berkaca-kaca pas adegan itu. Very touching. Dan pengennya sih setelah berpelukan, dilayar langsung muncul credit title. Tapi ternyata nggak. Yang muncul malah adegan fighting cenderung slapstick super lebay.

Overall, lumayan ngehibur, dan makna bhineka tunggal ika yang dibawa dapet banget dengan hadirnya lima ibu-ibu beda karakter, beda budaya: papua, batak, tionghoa, madura dan jawa. Cuman sayang kelucuan yang dihadirkan terkesan maksa banget.

Tengok aja diawal film, secara membabi buta (ciee, bahasa gue) kita disuguhi dengan keanarkian lima ibu-ibu preman ini. Gue cuman ketawa garing ngelihatnya. Habis mau ketawa banget kok nggak pas aja gitu. Bahkan akting komedian yang biasanya ngocok perut gue, tante indy, sama sekali nggak bisa bikin perut gue sakit seperti pas liat konyolnya dia di acara talk show ceriwis beberapa tahun lalu. Kayak kurang greget gitu. Nggak total. Mungkin cast ibu-ibunya kudu lebih menjiwai karakternya lebih dalam lagi kali ya. Bukan cuma bisa nampakin karakter dari logat daerah aja.

Yang bikin gue berdecak adalah totalitas Mrs. Bedebah. Yup, siapa lagi kalo bukan shanty. Gatau deh,  gokil aja liat kelakuan dia. Mungkin kalo yang meranin bukan dia, gue bakal masukin film ini di daftar film sampah. Apalagi yang meranin macam artis-artis yang biasanya ngejablay di film-film produksi maxima dan K2K. wah, gatau deh gue maki dengan kosa kata dunia satwa apalagi. hehe....

But, nggak lupa, meski yang nge-direct upi, ternyata film ini masih bisa juga nampilin ke gj an yang lumayan annoying di mata gue. Let’s cekidot…

Pertama, adegan ketika yopi dan astuti naik bis. Masa iya sih, selugu-lugunya orang, nggak mungkinlah sampe ngelupain orang yang ditaksir ketinggalan bis. meskipun difilmnya lagi diceritain yopi sedang bersitegang sama bapak-bapak gitu, masa sampe nggak inget, bahkan parahnya, ketiduran didalam bis, sampe lupa kalo astuti nggak ada disampingnya.

Kedua, adegan ketika yopi akan menyatakan cinta di sebuah warung sate dan didatangi oleh pengamen. Harusnya kalo udah tau ngeganggu, kenapa nggak diusir dengan bilang “maaf mas, lewati aja” ato apa gitu. Eh, malah dibiarin nyanyi dan main teriak-teriakan seolah jarak antara yopi dan astuti beberapa kilo meter jauhnya. menurut gue, scriptwriternya nggak mikir logika kali pas nulis adegan ini..

Ketiga, bukan masalah cerita, tapi soal posternya. apa karena yang bikin upi, posternya harus setipe dengan film perdananya: 30 hari mencari cinta? Tanya kenapa?

selebihnya, lumayan bisa dimaklumi lah secara genrenya juga komedi gitu. Red cobex, bukan termasuk film sampah. jadi nggak usah ragu buat nonton. Dan gue jadi penasaran sama proyek upi selanjutnya… dia selalu ngebawa hal yang beda disetiap filmnya. We will see…

dialog momerable yang gue banget dan terjadi saat yopi (Y) dan seorang bapak tua (BT) rebutan kursi dalam bis.

BT  : anak muda jaman sekarang, nggak ngehormatin orang tua, huh...
    : heh, orang tua jaman sekarang gila hormat he?
BT : huh!

http://www.smileycodes.info

3 komentar :

  1. lumayan bagus emang gak ngecewain meski masih ada yg kurang seperti yg di review. di dukung pemain yg sudah malang melintang di film bukan artis sinetron. bolehlah heheh

    BalasHapus
  2. -BAGUS LAH...APALAGI LIAT SI TIKA GOKIL BGT---

    NGANA JADI SUKA LIAT ACTING MAMA ANA

    HAHAHAHAHHAHAHAAA.....

    BETA PE SODARA.....


    jacko nu kasep tea.

    BalasHapus
  3. Akting tika ok banget tuh...Lucu tapi sedih juga

    BalasHapus