30 November 2010

1 Bunian [2004]


rating 2/10

Film indie ini merupakan awal karir dari duo sutradara berbakat Mo Brother (Dara dan Takut!) yang sayangnya saat itu hanya dikerjakan oleh Mochammad ‘Kimo’ Stamboel aja. Dibikin beberapa tahun lalu di Sydney, Australia. Nah, sekarang gue mau ngereview ini film. Jujur, menurut gue film ini sama aja kayak film Indonesia lain saat ini.

Bunian bercerita tentang Andra, seorang pelajar Indonesia yang baru satu setengah bulan kuliah di Sydney namun tak betah tinggal dengan teman sekamarnya. Akhirnya dia meminta bantuan temannya untuk mencari tempat tinggal baru. Dan dia pun menemukan sebuah flat yang khusus menerima mahasiswa dari Indonesia. Karena tertarik, akhirnya Andra pindah ke flat itu yang hanya perlu megeluarkan 7 dolar dalam seminggu.

Semuanya berjalan sempurna. Andra bisa pergi ke kampus dengan cepat karena jarak flat ke kampus hanya ditempuh dalam waktu 15 menit. Dan tentu saja bisa lebih sering berkumpul dengan teman-teman sesama WNI.

Namun semua berubah ketika dia mendapati penampakan sosok seorang wanita dikamar Nida, flat mate-nya yang diam-diam menyukai Andra. Sejak itu Andra terus dihantui oleh penampakan-penampakan hantu penghuni flat. Sampe pocong pun nyasar ke Sydney. Ih wo!

Dengan bantuan teman-teman kuliahnya, Andra berusaha mencari tahu penyebab semua keanehan yang menimpa dirinya. Dan ketika dia sudah menemukan jawaban dari misteri yang terjadi, semua sudah terlambat.

Well, bukan barang baru ide cerita seperti ini. Tapi entah kenapa film ini begitu jadi pembicaraan hangat pada waktu itu. Meski film indie, menurut gue gaya pen-director-an Kimo lumayan juga. Cuman sayangnya, akting pemainnya begitu kaku. Tapi soal hal itu gue maklum lah. Orang semua pemainnya bukan artis. Ditambah alur yang loncat-loncat dan masalah soal lighting-nya yang cukup mengganggu. Selebihnya, lumayan deh.

Cuma ada satu adegan yang sedikit nggak penting. Ketika ada scene “Tarian Homo”. Menurut gue itu sangat annoying. Dan entah kenapa ditaruh saat 15 menit film akan berakhir. Maksudnya apaan coba? Udah tariannya najis, nggak lucu lagi. Aneh.

Kalo buat sedikit have fun, boleh lah nonton film ini. Tapi jangan terlalu harapin sesuatu yang lebih.

NB: Ada yang bingung apa arti Bunian. Bunian adalah Setan Penunggu Hutan yang suka menculik manusia. Kalo kalian cermat, kalian pasti tau akan dibawa kemana cerita ini. Enjoy it!

http://www.smileycodes.info

1 komentar :

  1. ouhh maksih ya jadi tau aku bunian tuh apa untuk film e aq koment ikut ma pereview ja soal e baru tau ada film ini ya sekrg ini heheh (heny)

    BalasHapus