19 Desember 2010

5 Ayat-Ayat Cinta [2008]


rating 4/10

gue nggak tahu apa penyebab film yang diangkat dari novel kang abik ini begitu fenomenal sampe presiden aja menyempatkan buat nonton dan terjadi kehebohan dimana-mana. padahal setelah gue lihat dan perhatiin, nggak ada yang spesial dari film ini. gue pun lihatnya pas euphoria ayat-ayat cinta masih melanda indonesia. istilahnya kalo nggak lihat ni film berarti gak gaul, kalo nggak lihat ni film berarti rugi besar *lebay banget deh tuh orang-orang*.

kalo gue milih sih, mending lihat pas di tivi aja. ato nanti pas keluar dvd originalnya. beruntung, gue cuman lihat hasil pinjam copy VCD temennya kakak gue. karena saking hapening banget, gak tahu siapa ada oknum bertangan jahil yang mau mengedarkan kopian film aslinya. jadi, walo bajakan, ni film kualitasnya udah sekelas DVDRip. dan di pasar-pasar cuman di bandrol dengan harga 7500 perak. coba bayangin sama harga DVD-nya hahaha... eits, jangan tiru perbuatan gue yah. secara waktu itu kepaksa nontonnya. abis kakak gue udah terlanjur pinjem sih, ngapain juga gue sok munafik buat nunggu dalam bentuk ori. wkwkwk... peace!

buat gue ayat-ayat cinta dalam bentuk novel tuh udah klise. yang bikin heboh cuman settingnya aja yang dipake di mesir dan pesan-pesan islami serta kelincahan sang penulis merangkai kata dengan begitu indah dan worth it. tapi setelah di filmin, entah kenapa hal klise itu menjadi semakin dangkal dan nggak worth it.

terlalu di dramatisir lah kalo gue bilang. makanya nggak heran gue pernah baca di koran kalo actually kang abik rada-rada kecewa gitu karena pesan yang ada di dalam novel masih belum tersampaikan semua. meski gak menutup mata seneng juga dengan hasil yang diperoleh filmnya dan namanya yang ikutan beken dan eksis dimana-mana.

beruntungnya film ini nggak ikut-ikutan dibikin serial tivi kayak novel dwilogi ketika cinta bertasbih milik kang abik juga. karena kalo sampe iya, gue bakalan mencret berhari-hari. saking nggak tahu segimana nggak pentingnya film ini untuk dipanjang-panjangin. apalagi tau sendirilah, gimana kualitas sinetron indonesia sekarang. bisa aja niatnya ditarget jadi 10 episode tau-tau berubah jadi 100 episode gara-gara sang produser khilaf mengetahui sinetronnya menduduki rating teratas.

bercerita tentang fahri, sosok suami idaman religius, yang berani taruhan cuman ada dalam dunia fiksi, terlibat cinta bersegi-segi dengan empat cewek sekaligus bernama noura, aisha, nurul dan maria. terus bla-bla-bla dan bla-bla-bla... gitu deh pokoknya. sinetron banget, hahaha...

gue nggak bisa bayangin kalo yang memproduseri film ini adalah om kk dheraaj dan sutradaranya nayato fio nuala. pasti semakin nyampah. ya, tau sendirilah gimana kualitas film olahan mereka.

overall, film ini biasa aja. nggak jelek tapi juga nggak bagus. dan nggak bisa kita pungkiri, ayat-ayat cinta adalah penggerak film bertema religi yang muncul setelah sukses-nya film ini.

at least, gue suka sama soundtracknya. meski yang track bagian ungu, terasa seperti dipaksa jadi sok religi.

http://www.smileycodes.info

5 komentar :

  1. salah satu yang fenomenal...(POLIGAMI) isu yang lagi hangat saat itu..sampai aa gym TURUN GUNUNG dr posisi nya...
    overall gw suka film nya..tapi Tragis nasib si ryanti..jadi MURTAD skg!!


    jacko nu kasep tea

    BalasHapus
  2. filmnya bagus2 aja sih , berbobot dan g ngebosenin

    BalasHapus
  3. film ini jadi fenomenal karena ini film religi pertama yang diangkat ke film dari novel laris. jujur aja aku gak liat filmnya sama dengan film religi lainya di bioskop bukan gak islami tapi kurang suka ja. maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Kalo boleh jujur, saya belom nonton nih fil secara ful, pernah mau nonton di tv, eh udah keburu mau pergi , hihihi

    BalasHapus
  5. Gambar2 di film ini keren banget, Pas dengan musiknya yg ga kalah bagus. (Sangat terasa kalo nontonnya dibioskop). Bahkan ada review yg bilang kalau sinematografi Ayat2 cinta yg terbaik dibanding film indonesia lainnya.
    Pokoknya salah satu film paling berkesan buat gw.
    Padahal waktu pertama kali nonton di vcd bajakan, biasa aja. Ga berkesan.

    BalasHapus