25 Agustus 2011

1 Get Married 2 [2009]


Melihat pencapaian prekuelnya yang terbilang sukses di tahun 2007, dua tahun kemudian Starvision kembali memboyong kisah Mae bersama tiga sahabatnya yang rada nggak beres dalam Get married 2. Tetap dibintangi oleh kwartet Nirina-Aming-Ringgo-Desta serta pemain pendukung lain seperti Jaja Mihardja, Meriam Bellina dan Ira Wibowo. Sayangnya karakter Rendy yang dulu dibawakan oleh Richard Kevin, kini digantikan oleh Nino Fernandez.

Cerita terjadi empat tahun setelah film pertama. Dimana Mae dan Rendy yang sudah lumayan lama membina bahtera rumah tangga belum juga dikaruniai seorang anak. Hal itu sedikit banyak membuat Mae gelisah. Mengingat ketiga temannya: Eman, Beni dan Guntoro sudah dikaruniai bayi mungil, sedang dia tidak. Terlebih dengan sikap Rendy yang makin lama makin nggak peduli dan sering meninggalkan Mae sendiri di rumah dengan alasan sibuk bekerja.

Puncak kekesalan Mae terjadi ketika Rendy nggak datang ke pesta perkawinan mereka. Dengan emosi Mae meninggalkan rumah dan memilih tinggal bersama Emak Babenya di kampung. Bukannya selesai, masalah malah semakin runyam saat Rendy ikut tinggal bersama orang tua Mae yang mengultimatum agar putrinya bisa segera hamil atau mereka terpaksa harus bercerai. Sanggupkah Mae hamil dan Rendy mempertahankan keharmonisan keluarganya?

Sebagai sebuah sekuel, Get Married 2 memang telah menawarkan tontonan yang berbeda dari seri pertama. Dari segi cerita yang berdiri sendiri, bahkan nggak perlu ribet kalau belum nonton predesornya, juga penambahan karakter baru untuk menyegarkan suasana dan penambah konflik. Tapi sayang, film yang naskahnya ditulis oleh Cassandra Masardi ini telah kehilangan beberapa poin-poin penting yang terdapat dalam seri awal. Dari unsur komedi yang lebay to the max, bahkan kadang terkesan dibuat-buat, sampai dialog yang nggak bernas. Makanya nggak salah kalau agak membosankan dipertengahan.

Beruntungnya Hanung Bramantyo masih mampu mengeksekusi film ini dengan baik meski ngakunya dia anti kalau menggarap film sekuel. Kerja keras Hanung didukung oleh departemen akting yang semakin solid, membuat Get Married 2 masih tetap dapat dinikmati meski telah kehilangan geregetnya. Entahlah, memang masih ada beberapa joke yang mampu mengelitik urat syaraf. Tapi semakin lama komedi yang ditawarkan terlalu memaksakan sehingga filmnya nggak bisa enjoy dinikmati.

Rating 5/10

1 komentar :

  1. Poster yang dipajang kok bukan yg versi "adaptasi" ?
    :D

    BalasHapus