12 Desember 2010

10 Hanny R. Saputra Series

kalo kemaren ngomongin produser film nggak bermutu macam om KK Dheraaj, sekarang gue mau ngomongin salah satu sutradara berbakat indonesia yang sayangnya makin lama kualitas penyutradaraannya makin mengalami penurunan yang begitu signifikan. dia adalah hanny r. saputra. dan inilah review singkat film-film hasil olahannya.

1. Virgin [2004]


rating 7/10

bisa jadi debut hanny di film ini merupakan pelopor genre drama seks edukasi remaja yang hingga sekarang nggak berhenti di daur ulang oleh sutradara-sutradara muda yang cuma mikirin uang-uang-uang. dengan bumbu adegan esek-esek yang jauh lebih berani tapi sama sekali nggak nyeni, tema yang nggak mendidik dan cerita yang sampah.

sebagai pelopor, virgin sukses merebut hati penonton dan mendapat banyak pujian meski di awal peredaran filmnya mengalami kontroversi. lewat film ini, bintang-bintang utamanya menuai kesuksesan dan menjadikan virgin sebagai salah satu film edukasi seks remaja indonesia terbaik yang pernah ada. dan akan diburu beberapa tahun nanti oleh kolektor film.

http://www.smileycodes.info

2. Mirror [2005]


rating 6/10

film horror paling rapi dan menarik yang pernah ada meski ceritanya sangat klise. gue enjoy nonton film ini dan nggak ngebosenin di liat berulang kali. disini, nirina berakting sangat total. dan disemua film-filmnya, mantan VJ MTV ini memang selalu bisa membuat gue ogah ninggalin kursi. lewat film ini, hanny semakin memantapkan diri kalo dia adalah calon sutradara berbakat indonesia.

http://www.smileycodes.info

3. Heart [2006]


rating 5/10

sebuah drama anti box-office penguras air mata yang booming banget waktu itu. hingga melambungkan nama acha dan irwansyah. dari film ini gue mulai mengetahui gejala penurunan kualitas om hanny. liat aja, meski sukses, film ini sangat chessy dan membosankan. gue nonton karena pengen tahu endingnya yang kata temen-temen gue bisa bikin nangis darah. tapi  menurut gue, saat itu  temen-temen gue mengalami gejala lebay dini. karena gue sama sekali nggak tersentuh. yang bikin betah cuman cara hanny ngambil angle dan keindahan pemandangan hijau yang terpotret dengan baik.

http://www.smileycodes.info

4. Love is Cinta [2007]


rating 4/10

diniatkan sebagai sekuel Heart tapi menjadi sebuah prekuel yang nggak jelas. sama sekali nggak ada daya tarik buat gue untuk mengikuti alurnya yang membosankan dan predictable--of course plot yang mirip sama film china berjudul fly me to the polaris.

http://www.smileycodes.info

5. The Real Pocong [2009]


rating 3/10

sangat membosankan dan jauh dari kata menyeramkan. kesuksesan film ini hanya dari viral marketingnya yang gila-gilaan tentang hilangnya sosok laura, tokoh sentral di film ini.

http://www.smileycodes.info

6. Sst... Jadikan Aku Simpanan [2010]


rating 1/10

film hanny yang paling nyampah dan kancut. entah dengan alasan apa dia mau mendirect film nggak bermutu seperti ini. mungkin pingin eksis aja kali ya. poor him :)

http://www.smileycodes.info

10 komentar :

  1. dari beberapa film yg di sutradarai beliau aku liat semua filmnya kecuali jadikan aku simpananmu. aq suka semua filmnya apalagi the virgin dan heart serta love is cinta. padahal aku waktu itu tidak pengen nonton tapi dipaksa teman-teman. ya walau awal nya aku underestimate dengan film nya aku menikmati filmnya dan gak nyangka bagus dan jadi booming pada waktu itu filmnya.


    heny

    BalasHapus
  2. Wooooow! Virgin gak ketinggian tuh? Hahahaha.
    Ratting dariku:
    Virgin: 2/5
    Mirror: 2/5
    Heart: 1.5/5
    Love is Cinta: 0.5/5
    Pocong: 1/5
    Sst... Jadikan Aku Simpanan: 0.5/5

    BalasHapus
  3. haha, gue suka bro sama virgin. bedalah dibandingin sama film-film sekarang. maybe karena saat itu film yang beredar cuman beberapa. hehe

    BalasHapus
  4. Aku malah nggak suka sama Virgin. Masih banyak film-film tentang kenakalan remaja yang lain yang jauuuuuuuh lebih bagus dari itu.

    "Moszkva ter" (film Hungaria) contohnya. :P
    http://resensi-resensi-film.blogspot.com/2010/11/moszkva-ter.html

    BalasHapus
  5. Setuju ama rijon deh, tapi pocong 1/5 Sst 0/5 (karena belum pernah nonton)

    BalasHapus
  6. @rijon: yah, jangan dibandingin sama film baratlah bro, jelas teringgal

    eh review lo yang "i know what you did on facebook" gabisa dibuka, gak ada linknya, coba lo cek

    @adhari: mending gausa bang

    BalasHapus
  7. Real pocong, virgin dan Hearts adalah film bagus!! tapi gak bagus2 amat sih.....sisanya...HANYA HIBURAN mata!!


    Jcko nu kasep tea!

    BalasHapus
  8. Udah dibenerin. Udah bisa dibuka sekarang. Thanks. :P

    Nah itu dia kelemahan dan kebobrokannya. Kenapa film Indonesia gak boleh dibandingin dengan film luar (gak cuma barat)? Kenapa film Indonesia harus diberi peniaian spesial karena dari Indonesia (jadi yang "jelek" harus dimaklumi karena dari "Indonesia")?

    Kapan Indonesianya mau maju kalau penontonnya juga berfikir begitu? Kapan Indonesia bisa berjaya di festival-festival internasional kalau penontonnya saja pesimis begitu. Thailand aja bisa menang festival Cannes tahun ini. Kalau aku sih standarnya sama saja, mau dari negara mana aja, yang buruk ya tetep aja buruk.

    BalasHapus
  9. Virgin bagus banget.
    Mirror lumayan.
    Heart kayak t*i.

    BalasHapus
  10. iya, heart chessy banget tapi gatau kenapa booming gitu haha miris

    BalasHapus