19 Januari 2011

16 Ungu Violet [2005]


dari luar, film arahan rako prijanto ini terlihat sangat meyakinkan dengan membawa nama besar dian sastrowardoyo dan judul yang aneh namun terdengar ear catching. tapi kalau diteliti lebih dalam lagi, film ini ternyata mempunyai borok. hingga akhirnya bobrok secara keseluruhan.

1. poin pertama menyorot soal sutradara. nggak ada yang salah sama debut rako di layar lebar setelah sebelumnya bermain di film tragedi, eliana eliana dan arisan! dia udah mendirect dengan cukup maksimal. cara dia nge-shoot angle-angle tuh lumayan nge-art, dinamis dan enak dilihat. kekurangannya cuman satu, gagal membuat pemain-pemain di film ini menyatu sama cerita.

2. dian sastro berperan sebagai kalin, cewek lugu penjaga tiket busway yang akhirnya sukses menjadi model papan atas karena pertemuan tak sengajanya dengan lando yang diperankan oleh rizky hanggono. dian sanggup berperan sebagai kalin cuman dari kulit luarnya doang seperti dalam hal berkostum yang memperlihatkan dia cewek lugu lalu berubah jadi seorang yang mempunyai kehidupan glamor. tapi cara ngomong, ekspresi dan kelakuanya tuh masih terlihat seperti cinta di film ada apa dengan cinta? padahal jelas-jelas kalin dan cinta adalah sosok yang berbeda.

pemain lain pun juga begitu. ada rizky hanggono yang saat itu masih pemain newbie alias debutan. dia nggak jelek kok. tapi kurang ekspresif, bahkan saat harus tertawa pun! akting dia tuh sedatar mukanya (ups, sori, sengaja). trus ada gary iskak yang karaternya hampir ditiap film gitu-gitu mulu cuman ganti nama doang. ada pula rima melati yang sukses ganjen banget jadi nenek-nenek. nggak salah kalo dia menang award sebagai best supporting actress di ajang festival film asia pasifik. sedang dian sastro mendapat award sebagai aktris menjanjikan.

ada satu karakter yang menarik disini. adalah tokoh rara yang diperankan sama katinka. dia emang muncul dalam dua scene buat bikin konflik awal dan cerita berjalan. tapi akting nangisnya oke banget. mencuri perhatian.

3. judul filmnya nggak ada hubungan sama sekali dengan cerita. mungkin awalnya emang nggak mempunyai judul karena plotnya menjiplak mentah-mentah music video (mv) penyanyi korea. ungu violet hanya diartikan dari campuran warna kesukaan kalin dan lando. kalin suka warna merah dan lando suka warna biru. jadi jangan heran kalo disepanjang film soal kostum cuman didominasi oleh dua warna itu. dan voila, jadilah judul ungu violet. kasus judul aneh kayak gini juga terjadi di film arahan hanny r. saputra; love is cinta.

4. menyinggung poin ketiga, gue mau ngasih tau hal terparah kenapa film ini harusnya menjadi film sampah, film terburuk dian sastro atau film yang mestinya nggak perlu ada karena malu-maluin banget. gimana nggak anjing kalo dua jam disini adalah pengembangan sebuah mv dari penyanyi korea bernama kiss berjudul because i'm a girl. coba deh, bagi lo yang udah nonton, perhatiin mv dibawah ini sampai habis. dan berspeechless lah. sumpah, parah banget. versi indonesia hanya dirubah beberapa detail dengan penambahan karakter baru. namanya juga bangke, jadi lama-lama kecium juga. yang bikin film juga goblok, mau nyontek kok dari mv terkenal.


5. hal diatas diperparah dengan skenario bikinan om jujur prananto yang picisan dan dangkal. dimana cerita-cerita kek gini bisa terlihat pasaran dengan dialog gombal tentang cinta yang hampir udah pernah dimunculkan dalam novel teenlit-chicklit-metropop, sinetron, ftv dan film layar lebar lain.

6. selain dangkal, banyak juga adegan yang terpaksa dibuat sama om jujur biar seru. tapi buat gue, hello, maksa banget sih? pertama adegan ketika rumah nenek kalin kebocoran. terlihat nenek kalin bingung nyari alat untuk menadahi tetesan air hujan sampe nekat memindahkan air dalam bak ke tempat lain padahal udah tau kalo berat tapi tetep aja keukeuh hingga akhirnya jatuh dan pingsan. apa gunanya gitu ada kalin. kan bisa aja disuruh bantuin angkat gitu. dan scene setelahnya pun terlihat dimana kalin sudah menemukan ember. bahkan mengepel lantai!

pemaksaan kedua terjadi sebelum kalin tertabrak hingga akhirnya menjadi buta karena matanya terkena pecahan gelas yang dia bawa. nah, gelas ini yang jadi masalah. kenapa juga kalin lari-lari ngejar lando sambil bawa gelas. gue kira sih buat lempar lando. tapi ternyata cuman jadi properti supaya akhirnya kalin jadi buta. dan itu belum ada apa-apanya ketika melihat posisi jatuh kalin setelah tertabrak. hei, gimana cara kalo ada orang tertabrak dari depan lalu jatuhnya disamping persis dalam posisi lurus sejajar dengan mobil? seenggaknya kalo emang mau dibikin supaya rada art, dimana di film terlihat efek slow motion, harusnya dipikirin logika-logika cara jatuh setelah ditabrak yang baik dan benar.

at least, sebagai melodrama, ungu violet bisa jadi film terbaik kalo saja bukan dari hasil ngejiplak karya orang lain. dari mv lagi. minimal kalo emang punya niatan kek gitu, dicantumin credit kalo film ini dikembangkan dari mv nya kiss. tai banget lah!

NB: mv model kek gini ternyata juga dijiplak sama video klip lagunya adi 'naff' berjudul cinta memilihmu dengan perubahan detail tapi tetap menceritakan cewek yang buta karena kecelakaan lalu cowok yang mencintai dia menyumbangkan korena mata biar si cewek bisa melihat. sayang, kisah kek gini, cuman bisa terjadi didunia fiksi.

rating: 0.5/10

http://www.smileycodes.info

16 komentar :

  1. Ini film yang lama gw cari DVD ori nya gak nemu2..tapi akhir nya dapet juga....
    gw bukan suka film nya..tapi jatuh cinta ma lagu nya PADI yang jadi OST nya film ini..karna ada kenangan indah bersama lagu itu...hehehehee
    film nya sendiri lumayan dari pada PESANTREN/ 3 doa 3 cinta nya dian sasro yang suck bgt!!

    jacko nu kasep tea.

    BalasHapus
  2. @jacko: ciee kenangan apaan tuh bang jack hahaha :)

    BalasHapus
  3. waaaaah. baru tau nih saya-

    ckckckck

    BalasHapus
  4. malu2in banget yah. padahal dian sama rima melati dapet award gara2 film ini

    BalasHapus
  5. selain plagiat video, plagiat apa lagi ya?

    BalasHapus
  6. dari judul nya aja wes gak ngeh.... heheeh jadi gak nonton. sayang aja dian sastro main film kayak gini. padahal aku suka banget ma dian sastro.

    BalasHapus
  7. kyknya kalo d bilang ngikutin because im a girl kurang masuk akal deh , kan nih film dah lumayan lama , sedangkan mv because im a girl kan msh baru

    BalasHapus
  8. anjriiiit!!......badahal tadinya gue suka banget ini film, lumayan sukses membangun sisi romantisnya. meskipun gue setuju kalo sisi penyutradaraan dan visualnya banyak yg cacat. eh, gak taunya nyontek, videoklip lagi. ampuuun. kalopun nyontek mbok yang kreatif, ini dari gambar-gambarnya aja dirampok semua. cape deeeh kakak!

    BalasHapus
  9. Film tema cinta terbaik no.2 stelah AADC mnurutq.

    BalasHapus
  10. Ide ceritanya mungkin mirip, beberapa scene juga ada yang mirip, tapi endingnya berbeda.

    Kalo di MV, cowoknya ngasih matanya, kalo di ungu violet bukan Lando yang ngasih matanya untuk Kalin. Tapi seorang fans berat Kalin keturunan tionghoa yang sempat 1 rumah sakit dengan Kalin.

    BalasHapus
  11. lucu juga postingsn lu.....

    tapi w tetep seneng sama ni film.. sampai sekarang w masih sering nonton..
    w baru sadar yang dimaksud dalam film ini adalah Pesanya:
    sesusah dan sesulit apapun hidup kita jangan menghindar dari orang-orang yang kita sayangi, karena bersama mereka setidaknya hidup kita lebih berarti.. walawpun itu singkat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa dia jelek bgt.
      kayak otaknya paling

      Hapus
  12. BAhasamu Sejelek otakmu

    BalasHapus
  13. Kerana nonton film ini saya ketemu isteri sy sekarang.romantika gtu

    BalasHapus
  14. Kerana nonton film ini saya ketemu isteri sy sekarang.romantika gtu

    BalasHapus