2 Desember 2011

13 Hot: Yang Jiplak... Yang Jiplak...


Rasanya udah sering ya Indonesia melakukan plagiat or jiplak or something like that. Dari mulai lagu, sinetron, poster film layar lebar sampai isi filmnya sendiri. What the hell's going on? I don't know...

Kini menyusul film-film kacrut lain, yang dijiplak malah semakin tidak bermutu, bahkan hancur, muncul sebuah plagiat baru dari blockbuster perfilman Korea Selatan produksi 2003 yang akan rilis akhir Desember di seluruh Indonesia berjudul My Blackberry Girlfriend. Yup, dari judul emang sudah sedikit mengingatkan dengan My Sassy Girl yang dibintangi oleh Cha Tae Hyun dan Jun Ji Hyun itu. Coba tanya deh, siapa sih yang nggak kenal film ini? Hampir semua pecinta film drama romantis pasti udah nonton dong atau paling nggak, pernah dengar hypenya.

Awalnya sih gue nggak begitu notice sama proyek adaptasi Rapi Films dari novel besutan Agnes Davonar ini. In my opinion, karya-karya Agnes terlalu corny dan lebay untuk ukuran sebuah novel. Jualan dia emang sesuatu yang lagi hitz. Nggak heran kalo banyak produser tertarik mengadaptasi setiap karya dia. Dari mulai kisah Gaby dan Lagunya, Surat Kecil Untuk Tuhan sampai yang baru aja rilis pertengahan bulan November; Ayah, Mengapa Aku Berbeda? hingga yang lagi gue omongin. Dan dua adaptasi novelnya lagi yang akan edar tahun depan di bawah bendera MD Pictures berjudul My Last Love dan My Idiot Brother.

Tapi setelah ngelihat trailer My Blackberry Girlfriend gue langsung syok dan pengen bentur-benturin jidat di tembok dengan bersahaja. Kok mirip? Nah, gue langsung aja ubek-ubek google dan nggak lupa buka website resmi Agnes Davonar sendiri. Dan dilihat dari sinposis serta pernak-perniknya memang terlihat amat mirip. Oh come on! Kalau nggak percaya coba compare dua trailer film yang lagi gue omongin dibawah ini!



Gue juga nemuin dua film hasil plagiat yang masuk daftar rilis tahun 2011. Film pertama adalah Skandal yang 80% mirip dengan box office India berjudul Murder besutan Anurag Basu sampai 13B yang dijiplak dengan trash quality oleh The King of Kancut; KKD, menjadi Pelukan Janda Hantu Gerondong. Mirip gimana-gimananya nggak bisa gue jelasin dengan detail sih secara gue agak gaptek dalam soal membuat skrinsut. Kalo curious boleh deh lihat filmnya via donlod atau youtube.



Terakhir, gimana yah tanggapan kalian dengan poster film-film ini? Aduh gue pengen ngakak nih...


13 komentar :

  1. Adegan tukaran sepatu di My Sassy Girl dijiplak abis!! WTF

    Emang makin ga kreatif aja film indo. Miris liatnya.

    Bahkan poster film The Raid yang diagung2kan itu (ga tau aslinya apa iya beneran keren) pun mirip poster film luar ==""

    Speechless abis deh!!

    BalasHapus
  2. udah gak heran sih, kalo film endonesa emang "doyan" ngejiplak..apalagi masalah cover film. tapi untuk film Garuda di dada(jupe)ku *ops* sama The Raid, kayanya termaafkan deh.

    gak sabar nunggu The Raid,

    terus ngebacot ya min... :D

    BalasHapus
  3. Geez!!
    sumpah kaget bgt pas tau ada kyk gini..
    -..-"
    udh kmren Amerika yg jiplak film ini, walau untungnya g sukses, n skrg indonesia..
    ckckck..

    tp kata2 dtrailer MBG itu lumayan ok
    "krna gw g siap untuk kehilangan org yg gw sayang lg" plus lantunan lagu yg ok pulaa, jd dpt gregetnya, ho3..

    BalasHapus
  4. @ L.A : you know what versi Hollywood bukan jiplak ya, tapi adaptasi resmi, meski hasilnya jelek sih LOL

    BalasHapus
  5. kyknya the raid bisa dimaafkan, karena orang ngadep ke gedung ada maknanya, malah the dark knight yg gak terlalu makna posternya

    BalasHapus
  6. Review arisan2 nya manaaaa ? Gwe dah nonton 2x ...

    BalasHapus
  7. kalo yang gambar punggung sudah umum kok dimana2,coba cek link ini => http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11429359

    kalo gw lebih suka nyebut 'gak kreatif' daripada ngejiplak :p

    BalasHapus
  8. Gw mencoba membayangkan jawaban dari pihak my blackberry girlfriend gara-gara dituduh plagiat. Palingan jawabannya nggak sengaja, terinspirasi, dan lain-lain. kasihan deh, orang yang nggak punya kreativitas malah diunggulkan tapi orang yang penuh kreativitas malah ditinggalkan.

    BalasHapus
  9. wah bacot kalian semua, coba deh sana buat film! bisa ga? orang buat juga ga sembarangan, pasti punya makna bagi mereka. mesti lihat dari banyak sudut pandang masbro. jangan hanya sudut pandang diri sendiri.

    BalasHapus
  10. @anonim: santey masbro.. kalo kita bisa bikin film tentu ga bakal bajak karya orang dong..

    be positive! gue bikin kayak gini biar mereka yg bikin tuh malu dan kapok jiplak atau meniru karya orang lain dengan cara yang nggak elegan. syukur-syukur akhirnya dapet ilham bikin film yang bagus dan membanggakan kita sebagai masyarakat indonesia. amin :)

    eh bacot gue udah kayak pak lurah ya? *malu*

    BalasHapus
  11. film skandal : coba deh liat film "Affair" yg main Diane Kane sm Richard Gere, persisss banget tuh....jiplak abisss

    BalasHapus
  12. surat kecil untuk tuhan -----------> letters to god ..................


    jiplakan bukan??? sry klo salah ya.......nanya doang.......

    BalasHapus
  13. Indon ni emang hanya ngerti jiplakan adja sih...emang patut indon terus mundur kerna suka meniru hasil kerja orang lain!!!

    BalasHapus