10 Desember 2010

14 Alangkah Lucunya (Negeri Ini) [2010]


rating 8/10

rasanya nggak salah kalo gue males nonton film terbaru arahan deddy mizwar kali ini mengingat poster yang sangat apa adanya ketika filmnya tayang di bioskop. tapi ternyata isi film ini sendiri sangat luar biasa. hingga di prediksi menjadi film terbaik tahun 2010 di festival film indonesia yang sayangnya, gagal. jadi sekali lagi gue ketipu. dan baiknya menerapkan amanat dari quote karangan gue: don't judge a movie by it's poster!

dari plot sebenarnya biasa aja. standar film drama lah. tentang perubahan hidup si tokoh utama. tapi om deddy meracik film ini menjadi berbeda. khas om deddy lah. penuh sindiran nakal yang lumayan nendang, dialog cerdas dan pesan moral yang nggak kelihatan menggurui tapi bisa ditangkap tanpa susah payah. jadi bisa gue bilang om deddy berhasil menyihir ribuan penonton yang datang ke bioskop dengan pesan-pesannya. nggak di indonesia aja, komen dari negara tetangga, malaysia, sampe bikin gue terharu. gue nemunya di yutub. dia bilang:

sungguh saya terharu liat film ni. meski bukan film negara saya. but, saya bangga akan indonesia. majulah indonesia. kita bersaudara, kita saudara serumpun.

nah, kalo udah kayak gini? siapa yang nggak bangga coba?

cuman sayang aja, ngelihat film ini serasa liat iklan berdurasi hampir 100 menitan. kenapa? perhatiin aja deh, hampir tujuh puluh persen scene disini, secara terang-terangan sedang beriklan. dari iklan motor, bank, sosis hingga minuman isotonik.

sebenernya wajar aja sih. karena film juga butuh modal. apalagi film bermutu kayak gini. tapi apa perlu seeksplisit itu? apa nggak bisa dibuat sewajar mungkin dan nggak diulang berkali-kali?

at least, gue suka ending filmnya. pokoknya gitu deh. takut nanti jadi spoiler. haha... sori kalo review kali ini irit banget karena gue nggak bisa nemuin celah sedikitpun untuk ngejelek-jelekin film ini. gue nontonnya enjoy dan bikin males beranjak. ceritanya runut serta mengalir lancar. akting pemainnya juga pas bahkan untuk anak-anak yang berperan jadi pencopet. mereka terlihat nyata sebagai seorang copet. okelah, pokoknya! gak chessy tapi bergizi. cuman sedikit annoying kali ya. seperti yang udah gue bilang tadi. soal poster dan iklan-iklan di dalam filmnya. coz ngeganggu banget!

http://www.smileycodes.info

14 komentar :

  1. baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus bgt ceritanya!! sederhana dan gak menjual mimpi!

    jacko nu horni tea!

    BalasHapus
  2. Wah. Saya malah merasa film ini nggak "semewah" itu. Biasa aja buat saya. Masih kategori lumayan.

    Dan ya, ada sedikit bau preachy yang aku nggak suka di sini. Ada propaganda nasionalisme, sekalipun nggak sebobrok "Tanah Air Beta," yang aku juga nggak suka. Film nasionalisme gak harus dihadirkan dengan gaya preachy kan? Coba nonton "The Wind that Shakes the Barley," dari Irlandia.

    And somehow, sekalipun film ini bergenre "black comedy," saya nggak terlalu suka dengan satir-nya yang terlalu gamblang dan kurang rapi.

    Film ini jadi perwakilan Oscar buat Indonesia di tahun 2011 nanti. Sayangnya banyak perwakilain lain yang sudah saya tonton yang jauh lebih bagus dari ini (sebut saja: "Die Fremde" (dari German), "La Prima Cosa Bella" (dari Italia), "Dogtooth" (dari Yunani), "The Temptation of St. Tony" (dari Estonia), "Wytzko co, kocham" (dari Polandia)).

    BalasHapus
  3. Aku gak terlalu nyaman sama film ini, karena pada awalnya, aku bakalan mndapatkan pesan yg lebih dari film ini. mngingat Ceritanya yg BERKUALITAS. yaitu ttg Koruptor..!! sayang aku cm mndapatkan cerita layaknya "karya" om deddy di Sctv.. apa lagi endingnya =.=" KECEWA

    BalasHapus
  4. blom pernah nonton . spoiler dong

    BalasHapus
  5. Siapa sih itu Jacko Horny? ;p

    Wow,udah masuk list tunggu nih film.

    BalasHapus
  6. iyo bagus emnag filmnya... ini film yang aku jagoin di FFI 2010 sayng kalah... gpplah muga2 ja ntr di ajang internasional bisa menang apalagi katanya mau di kirim ke oscar sebagai salah satu film berbahasa asing terbaik.
    untuk rijon ya sapa tau ja bisa menang kan namanya aja ikut festival ada kalah ada menang wajar lah.

    (heny)

    BalasHapus
  7. @adhari: itu bang yang ngefans berat sama michael jackson

    @rijon + heny: perwakilan oscar? excuse me? moga aja deh tembus... amin!

    BalasHapus
  8. Oscar itu "penghargaan" lo, bukan "festival." Itu dua hal yang berbeda.

    Aku sudah nonton kurang lebih 17 film, termasuk Indonesia, dari 40-an lebih negara (masing-masing negara diwakili satu film). Itu untuk kategori Best Foreign Film Oscar 2011. Dan menurutku "Alangkah Lucunya (Negeri Ini)" nggak cukup kuat. :)

    Favoritku perwakilan dari Poalndia, Swedia, Perancis, Yunani, German, Italia, Estonia. Itu pun aku belum dan masih pingin nonton film dari Thailand (yang menang Festival Cannes kemarin).

    BalasHapus
  9. gue juga gak yakin, mungkin pesemis karena kenggak-jelasan antara ini film ato iklan berdurasi 100 menitan. haha.. emang dewan jurinya bisa maklum, meski alasan supaya dapet sponsor buat modal gitu?

    BalasHapus
  10. Kurasa "IKLAN" bukan jadi penilaian/permasalahan utama. Merek-merek BMW, Nokia, botol minuman beremerek, "Turkish Delight" (merek makanan), juga sering nongol di film-film luar. :)

    Tentu masih banyak penilaian yang "LEBIH PENTING" ketimbang "iklan."

    BalasHapus
  11. Hahahahaha.

    Bee, letakin blog aku di kolom Another Movie Blog's dong yah? hehe

    BalasHapus
  12. @adhari: iya bang kemaren baru aku format blognya jadi masih diedit2 gitu hehehe... mav yah kelupaan

    BalasHapus
  13. ini baru film bgs n brbobot krn mengangkat kisah kehidupan sehar2 kita dijakarta n ga neko2, alamiah.. ini baru namanya film bermutu.. n gue yakin pemerintah emoh liat nih film, krn banyak sindiran utk para kaum pejabat yg duduk santai tanpa kerja cape2 n mkn uang rakyat, film ini hrsnya wajib ditonton sm para pejabat tinggi ditanah air kita biar mereka malu n tau diri.. good jobs bang Daddy Mizwar. n thnkz alot bwt yg punya blog :)

    BalasHapus