10 April 2011

6 13 Cara Memanggil Setan [2011]


Kesan pertama saat melihat trailer yang tersebar di youtube, gue udah bernegatif thinking kalo film ini ngejiplak mentah-mentah horror The Eye 10. tapi setelah melihat secara keseluruhan, ternyata gue salah. Meski hampir senada, film ini berbeda. Dari segi cerita gue nggak mau terlalu ngebahas karena nggak penting. Apalagi soal dialog maksa yang entah buatan scriptwriter mana. Asumsi gue sih yang buat masih SMP karena bahasanya labil banget hahaha.. ^^

Film dibuka oleh adegan five vi yang kayaknya lagi mastrubasi-atau-nggapain-gue-nggak-begitu-ngeh karena tiba-tiba aja muncul penampakan super nggak berguna dari setan yang pernah dibuat oleh para filmmaker Indonesia dan five fi langsung dibuat mati seketika tanpa alasan yang jelas. Nampaknya terasa mubazir kehadiran five vi disini, mengingat ada nama nya tercantum di poster, karena ternyata penampilan ni cewek sangat sebentar dan nggak ada maksud yang mengisyaratkan hubungan terkait tentang isi film nantinya.

Lalu cerita berpindah ke para anak kuliahan yang tingkah laku dan gaya ngomongnya masih kayak anak smp karena tuntutan skenario. dan hal itu semakin diperparah dengan jajaran pemain yang sangat alay menurut gue. Coba deh perhatiin bintang karbitan yang entah ditemukan oleh bagian casting dari mana. Terutama peran cewek yang kebagian cerita ngejar venus selain debby ayu. gue nggak mau tau siapa namanya tapi dia tuh sangat nggak jelas dan abal-abal. Kenapa nggak sewa artis yang lebih mendingan dikit sih? Nanggung amat bikin film. Belum lagi akting ketiga cowok yang dulu sering melakukan penampakan di film televisi pagi di salah satu stasiun tivi swasta. Beruntungnya film ini tertolong oleh debby ayu yang udah lumayan punya nama di jagad layar lebar indonesia karena bisa sedikit menyegarkan suasana dan menarik minat penonton karena keberaniannya beradegan murahan.

Dari segi efek, oh pelis, very very disturbing. Serasa lagi liat film laga-laga nggak jelas di indosiar dengan beda format putar satu di tivi, satu lagi di layar bioskop. Efek yang diberikan masih kasar dan dibuat apa adanya. Terutama ketika scene yang menunjukan aksi show off ki kusumo. Belum lagi bagian make up yang atas nama dunia dan akhirat, mending gue suruh kerja jadi apaan selain tukang rias. Lihat deh, bentuk setankah yang dia dandanin ke cewek-cewek alay yang berperan jadi zombie-vampir-atau apapun lah menyebutnya. Karena bikin gue pengen meninggalkan tempat sejak menit kelima. Beruntung, gue tetap bertahan demi tujuan mulia untuk mereview film ini (kayak nggak penting banget deh gue).

trus gue sedikit jetlag sama ending film. Pertama menyoal adegan cipokan yang trik banget. Asumsi gue si debby ayu nggak mau dicium sama aktor figuran yang jelek. Dua soal pakaian debby ayu (gatau namanya, entah daster atau lingerie) yang bagian dadanya nampak transparan hingga memperlihatkan punting toketnya secara sengaja. kok nanggung amat kalo mau naked mbak?

dari segi sutradara gue nggak mau ngomong banyak. karena gue nggak mau cari kesalahan kesalahan lagi yang nantinya bakal cuma membuat darah tinggi gue kumat. yang pasti kalo film ini laku, gue cuma mau bilang selamat datang di era kemunduran film-film indonesia karena meski rilis di era 2000-an, apa yang coba dihadirkan film ini dari berbagai segi sangatlah jadul dan menyampah.

Tapi yang pasti, ditengah segala kebodohan-kebodohan yang terus bergulir, gue bisa menikmati film  horor seksi abal-abal ini tanpa banyak mengerutkan kening. Nggak ada adegan gue mencret atau pengen mencakar-cakar kursi bisokop saat menonton film sampah dari kkd atau om naya. Atau yang baru aja rilis, film misteri hantu selular. Mungkin karena saat masuk studio 2, gue sudah menekan ekspetasi sampai level terbawah. Karena memang menonton film ini nggak perlu memakai ekspetasi. Nikmati saja. Nggak ditontonpun juga nggak papa karena minggu depan juga ilang dan cepat rilis dalam bentuk kepingan home video. amin!

NB: Menilik soal poster yang terpajang di bisokop, gue langsung syok, kok jadi gini? Setauku poster resminya, seperti yang gue pajang diatas. tapi nggak tau kenapa tiba-tiba diedit lagi tanpa memikirkan undang-undang pengeditan poster (jika memang ada) karena sangat kelihatan kalo diedit secara asal-asalan. look that, cermati judul yang bekasnya masih terlihat dibawah. Dan potongan ngawur gambar malaikat dibelakang debby ayu? What the?

rating 0/10

http://www.smileycodes.info

6 komentar :

  1. Tentang film ini mau Coment apa ya......?????

    mmmmm oya, Saya suka avatar di bawah kata "Rating", seperti mewakili perasaan saya terhadap film2 indonesia yang kebanyakan genre HORPORN itu.
    Oh film2 sampah itu.....Mau membencinya, mau membuangnya, mau masa bodoh, mau mencaci maki, pengen ngehujat habisan2 para sineas2 yang .... (gak tau mau ngisi apa), tapi semua ini juga karya anak bangsa, bangsa saya yang amat TERCINTA, INDONESIA, yang harus tetap saya nikmati_wlw gak enak_ dan itu entah sampai kapan.

    BUMI INDONESIA SEMOGA ENGKAU LAHIRKAN GENERASI2 YANG HEBAT DALAM BIDANG APAPUN!

    *Curhatan_sorry gak penting dan lebay_dari seseorang penyuka film.

    BalasHapus
  2. bee saya mau tanya nih.
    tolong list daftar film agustus 2010, kalau ngerepotin juga nggak usah bee

    BalasHapus
  3. Berita terakhir film ini merajai bioskop Indonesia
    hahah

    BalasHapus
  4. trus ngemeng-2 mana link download-nya brooooooo

    BalasHapus
  5. komentar belaguuuu, kaya paling toooop aje bray. mending ngaca dulu :D

    BalasHapus