5 November 2010

1 Sehidup (Tak) Semati [2010]

rating 3/10

ada yang nanya ke gue, kok horror mulu sih yang di review? therefore, untuk kali ini, gue mau review film drama komedi romantis arahan iqbal rais--yah, meski ceritanya hantu-hantu juga sih. dibintangi sama si baby face alexandra joana yang melesat cepat setelah tampil perdana di film catatan akhir sekolah, winky wiryawan, fanny fabriana dan astrid nurdin.

film ini muncul ditengah gempuran horror mesum ecek-ecek. niatnya sih baik, guna memberikan tontonan alternatif bagi penikmat film indonesia. tapi sayang, niat baik yang dibawa film ini nggak sepenuhnya berhasil. menilik plot cerita mungkin baru bagi perfilman indo. but, kok serupa tapi  tak sama dengan film hollywood ya? atau bisa dibilang terinspirasi? gatau deh. secara setelah ngelihat keseluruhan cerita gue kayak deja-vu gitu. hahaha...

sehidup (tak) semati dibuka dengan sangat tak meyakinkan. entah kenapa gue merasakan karakter yang dibawain sama fanny en winky tuh nggak dapet. winky sih agak lumayan secara dia emang aslinya udah berumah tangga. tapi ketika diberadu akting sama fanny, gue ngerasa nggak ada chemistry antara mereka. dengan karakter sebagai seorang wanita karir berusia thirty something, fanny berakting layaknya remaja gaul ibukota.  liat aja dari tingkah polah dan cara bicaranya. jadi ketika adegan demi adegan yang memperlihatkan mereka, gue ngerasa bosan dan capek ngelihatnya. beda ketika winky beradu akting dengan another women yang diperankan dengan baik oleh astrid. meski tampil saat film akan berakhir, suasana yang dibangun sangat matching.

jujur, film ini sangat membosankan. para pemainnya kurang begitu mendalami karakter. padahal sutadaranya nge-direct dengan cukup lumayan. tapi kalo udah menilik dari genre yang dibawain, semua jadi kelihatan serba nanggung. di bilang romantis gak romantis. dibilang drama tapi gak dapet feel dramanya. dibilang komedi tapi kok garing gitu. semua ada di tengah-tengah deh. gatau gue nyebutnya gimana. hehe... ikut yang bikin film aja deh.

ada beberapa hal yang sangat annoying disini:

1. adegan ketika winky akan pulang menuju rumah setelah selesai ngantor dan sopirnya beberapa kali menghentikan mobil demi menasehati hal-hal yang dianggap tabu menjadi layak untuk diperbincangkan (alah, apa seeh?) karena tuannya bertingkah aneh-aneh, disitu tiba-tiba aja ada bencong ngamen. harusnya sih wajar ya ada bencong ngamen gitu. tapi kenapa marahnya lebay banget gitu sih tu bencong karena dikacangin. perasaan nggak gitu-gitu juga deh kalo gue liat banci ngamen.

2. scene ketika winky dan astrid berada ditengah danau. kenapa ya adegan sebelum mereka berdua tenggelam tuh nanggung banget. perasaan goyang perahunya biasa aja deh. tapi kok bisa sampe bikin mereka kecebur. anehnya lagi, otomatis kalo ada perahu oleng, perahu itu akan berbalik, tapi ini nggak. perahunya tetep diem di tempat. aneh nggak sih?

3. masih lanjutan dengan poin kedua, coba deh lo perhatiin ketika perahu oleng dan kepala astrid menatap pinggiran perahu. kok aneh gitu ya cara nge-shootnya. kelihatan maksa banget. nggak niat gitu deh bikin adegan kecelakaannya. atau karena seperti yang gue sebutin diatas tadi, pemainnya kurang begitu mendalami peran yang dibawain. sutralah...

4. alexandra joanna gue yakin kesiksa pake behel demi mendalami peran sebagai another betty la fea di film ini. haha... gue aja yang cuman jadi penonton nggak nyaman gitu ngelihatnya.

well, gue ragu kalo film ini awalnya emang niat mau dijadiin layar lebar. secara kualitasnya masih setara FTV-FTV gitu deh. tapi secara keseluruhan okelah. nggak nyampah-nyampah banget. saran gue sih nunggu tayang di tivi aja. anggap aja lagi liat FTV gitu kalo ntar tayang. karena emang kelihatan banget  lah bedanya, mana film yang di set untuk layar lebar dan mana film yang di set untuk televisi...

at least, dilihat dari poster aja udah bercerita banyak.... cuman sayang banget poster film ini dibikin ala kadarnya. siapa sih yang bikin? harusnya bisa lebih oke gitu biar bisa menarik penonton. tapi untungnya nggak niru jejak poster film-filmnya nayato. yah, yang menipu menipu gitu deh. hahaha... tapi gue salut sama film ini coz dia jujur banget. liat aja poster filmnya se-ala kadar isinya. ckckck...jujur kan? emang ya, poster film itu bisa berbicara banyak.

http://www.smileycodes.info

1 komentar :