3 November 2010

13 Trilogi Jelangkung


hoaemm... udah memasuki bulan baru, nih. nggak nyangka udah sebulan blog ini berdiri. lumayan banyak pengunjung juga. tapi sayang, gue suka sebel karena para visitor pada pelit buat komen hehe... kok jadi curhat guenya. anyway, gue lagi hepi melihat angka pengunjung yang fantastis bagi sebuah blog baru. mengingat bacotan gue sama sekali jauh dari oke kayak blog review film sejenis, tapi nggak sedikit yang ngasih pujian. terutama buat kenarsisan gue ngeledek secara terang-terangan hasil produk negeri sendiri. yang pasti gue nggak ngelakuin tanpa alasan dong. yah, seperti yang udah gue jelasin disini

wah, pembukaan yang terlalu panjang ternyata. oke langsung aja pada topik. setelah absen beberapa hari gue mau ngebacot tentang trilogi jelangkung. maunya sih gue review satu-satu. tapi mengingat seri ketiga gak keluar dalam bentuk VCD or DVD, dan parahnya lagi, gue belum sempet nonton, alhasil gue jadiin satu aja dalam sebuah postingan.


rating 6/10

Jelangkung (2001). Bisa dibilang pionir film horror sejenis bertokohkan para remaja yang lagi nyari-nyari hal-hal berbau supranatural meski aslinya takut dan pada akhirnya mesti nerima konsekuensi dari keingintauan mereka yang nggak lazim dilakuin dikehidupan nyata. liat aja, sejak film ini booming di pasaran, sampe sekarang film bertema senada nggak berhenti diproduksi dengan plot daur ulang yang semakin lama semakin basi. dari penelitian buat tugas kuliah lah, syuting film lah, syuting video kilp lah. haha... bosen liatnya. biar setannya nggak serupa, tapi kebanyakan cerita yang ditawarkan nggak bisa dibikin menarik dan beda dari jalur.

jelangkung, film indonesia pertama yang bener-bener nggak bisa bikin gue tidur dan bikin gue jejeritan liat sosok hantu anak kecil di film ini. to be honest, sampe sekarang gue masih nggak berani lihat sosoknya, haha... malu-maluin banget!

jelangkung, film horror indoensia pertama yang muncul VCD bajakannya dengan gambar miring-miring hasil rekaman bioskop saat filmnya sendiri masih tayang dan bercokol beberapa minggu di jaringan 21.

jelangkung, film horror indonesia pertama yang dilirik hollywood dan kabarnya bakalan di remake. cuman sayang nggak jadi karena idenya dianggap nggak orisinal dan ngejiplak The Blair Witch Project. tapi setelah gue tonton, emang rada sama sih.

Jelangkung vs The Blair Witch Project

NB: biar lebih mantep, silahkan liat filmnya.

1. tokohnya diceritakan meneliti sesuatu berbau supranatural.

2. di film jelangkung formasi tokoh 1 cewek 3 cowok. di the blair witch project 1 cewek 2 cowok.

3. melakukan penelitian di hutan yang banyak pohon-pohon berbadan kecil yang menjulang tinggi. lihat scene awal film jelangkung saat memasuki daerah angkerbatu dan scene the blair witch project ketika memasuki hutan. cuman bedanya, di film indo hutannya ijo royo-royo, di barat hutannya gersang.

4. di jelangkung menemukan sebuah makam dari batu yang ditata berbentuk persegi. di the blair witch project menemukan makam ditengah hutan yang ditata dari tumpukan batu.

5. harry pantja yang bermain jelangkung di film the blair witch project berubah jadi tokoh micky yang ngebuang peta sehingga akhirnya tersesat dan nggak bisa pulang.

6. nggak ada acara narsis dari sosok hantu di film the blair witch project sedang jelangkung sebaliknya.

7. semua tokohnya mati.

makanya nggak salah kalo akhirnya acara remake (kalo emang bener ada yang mau remake dan bukan sekedar gosip) itu batal. nggak nyangka ya, gue kira emang asli sebuah terobosan baru bagi indonesia. tapi gapapalah... filmnya tetep awesome bagi gue. karena nggak dapat disangkal, film ini adalah kuda-kuda pertama yang menandai bangkitnya film indonesia dari mati suri dan serangan film-film semi erotis nggak jelas dengan bintang inneke koesherawaty dll..

rating 7/10

Tusuk Jelangkung (2003), gue antri nonton film ini. dua kali dateng ke 21 dan kehabisan tiket. lalu untuk ketiga kalinya gue dateng jam 12 pas dimana bioskop baru buka dan rela bolos sekolah tapi akhirnya bisa mendapatkan tiket masuk dan menyaksikan sekuel film terheboh pada masanya. sebuah pengorbanan yang nggak sia-sia.

tusuk jelangkung, sebuah sekuel terbaik dari pendahulunya ditinjau dari akting pemain, artistik dan cerita. meski unsur western uda kuat banget nyampur disini nggak kayak seri pertama. liat film ini serasa liat video kilp.

tusuk jelangkung, lebih banyak hantu dan lebih bikin senewen. di film ini diperkenalkan sosok hostes bunting. cuman sayang sosok ini nggak selaku sosok suster ngesot di film pertama. dan di film ini gue masih nggak berani liat sosok hantu anak kecilnya.

rating 0/10

Jelangkung 3 (2007), sebuah akhir dari trilogi dengan isi cerita yang terjadi saat film jelangkung pertama masih tayang. dimana tersebar rumor tentang satu bangku yang harus dikosongi saat film diputar.

jelangkung 3, sebuah eksekusi gagal dari sebuah trilogi yang diharapkan bisa menjadi masterpiece suatu hari nanti.

jelangkung 3, film yang cepet banget tayang dibioskop dan nggak keluar dalam format home video setelah tayang 3 tahun lalu. mungkin mengingat hasil filmnya flop, produser sangsi akan laku jika dijual dalam format ini.

jelangkung 3, gue cuman baca ceritanya dalam versi novel yang ditulis sama scriptwriternya.

jelangkung 3, gue belum nonton filmnya dan nggak ada stasiun tivi nayangin.

jelangkung 3. film terakhir produksi rexinema.

datang tak dijemput, pulang tak diantar

13 komentar :

  1. emangnya film pertamanya seserem itu ye??
    umur gue baru 5 taun sih masih polos

    BalasHapus
  2. huaaa no comment deh film horor geneh .

    BalasHapus
  3. serem sih, gue pas kelas 4 SD kalo gasalah liatnya. dan gue juga ngoleksi VCD originalnya. dan masih takut liat sosok hantu anak kecil itu. kalo diliat sekarang mungkin udah gag serem2 banget...

    BalasHapus
  4. hahaha jaman gue msh sd juga nih jelangkung . dulu sih horor banget , tp kalo skrg d bandingin sama film horor lainnya, kyknya jadi lebih ekstrim horornya nih jlangkung . wk .

    BalasHapus
  5. iya sih, horrornya lebih dapet dan nggak ecek-ecek kayak horror sekarang

    BalasHapus
  6. suka jelangkung yy mz??
    hahahah

    BalasHapus
  7. yang ketiga nya kaya gmn sih??????
    kok gak ada yah??tayang nya juga bentar yah???

    jcko nu kasep tea...

    BalasHapus
  8. horor jaman skrg mah bukan setannya yg d tampilin tp malah segala macem sisi pemain cweknya -"

    BalasHapus
  9. Gw suka yg pertama krn sukses sbg film horor Indonesia pertama yg bikin gw gk bs tidur... Pdem u suster ngesot
    Gw suka yg ke-2 krn asik nontonnya dan gmbrnya bagus
    Gw belom ntnyg ke-3, tp udah baca bukunya yg mnrt gw sama skali gak seru

    BalasHapus
  10. Pas buat film jelangkung kita belum tau film blair witch, setelah film released kita baru sadar ada film ituu ... :) Jadi kalo ada persamaan pasti ga disengaja ... Trus pas udah film jlk ini selesai kami sepakat utk tdk lagi membuat sequel ... gitu loh ...
    Anywei, thank you supportnya ...

    BalasHapus
  11. aku juga takut sama hantu anak kecilnya, dulu inget banget nonton film jelangkung di bioskop graha cijantung, gue msih sd!!! kelas 1 kali! dan pas tidur gue mimpi hantu anak kecilnya, aaaaa

    BalasHapus
  12. hantu anak kecilnya emang nakutin banget dan sukses bikin ga bisa tidur =="

    BalasHapus
  13. Hallo... reader baru neh.. tq dah recaps film horor indonesia kesukaan gw yang dah bikin merinding 7 keliling g keturutan dan parno liat film2 horor Jepang (*gw juga g berani liat hantu anak kecil sampe sekarang gara2 film ini!! Sial!!). Bagi gw, Jaelangkung adalah terobosan paling berani yang dibikin oleh sineas Indonesia. Salah satu yang terbaik dari sedikit film horor Indonesia yang berkualitas yang g ada plus2nya dan g ada suzanna-nya (*Suzanna adalah ratu horor yang sukses bikin gw merinding sampe sekarang walau gw tahu tuh film2nya efeknya jadul banget). Oke de bee??? tq ye....

    BalasHapus